Selasa, 11 September 2007

Virgin Coconut Oil

V C O

V i r g i n C o c o n u t O i l


Virgin coconut oil (VCO) adalah minyak murni yang berasal dari cocos nucivera –nama latin dari kelapa, VCO mempunyai kandungan asam laurat kadar tinggi dan menjadi bermanfaat bagi kesehatan. Sebab dalam tubuh manusia, asam laurat diubah menjadi monolaurin, sebuah senyawa monoligserida yang mampu menghancurkan lapisan lipid virus, seperti HIV, herpes, influenza, dan bakteri patogen lainnya serta kelainan fungsi tiroid.

Virgin coconut oil (VCO), kini tengah jadi fenomena. Dengan kadar asam laurat yang dikandungnya terbukti mampu menanggulangi berbagai penyakit. Hal ini menepis stigma buruk akibat kampanye negatif terhadap minyak kelapa di waktu lalu.

Sebelumnya asam lemak jenuh disebut-sebut sebagai sumber kolestrol penyebab penyakit degeneratif. Akibatnya minyak kelapa dengan kandungan asam lemak jenuh tersingkir oleh minyak kedelai, jagung dan ikan yang kaya asam lemak tak jenuh.

Maka munculah anjuran untuk menukar konsumsi minyak nabati jenuh dengan minyak nabati tidak jenuh seperti minyak kedelai,kacang dan jagung. “Nasib mujur,” berpihak kepada kelapa sawit. Para peneliti di Malaysia –salah satu produsen minyak sawit terbesar –getol melakukan riset minyak sawit untuk kesehatan. Sebaliknya Indonesia. Tanpa perlawanan, stigma tidak sehat melekat pada minyak kelapa sejak 1963.

Mitos minyak kelapa kurang baik bagi kesehatan terbentuk pada akhir tahun 1960-an. Ketika itu beberapa peneliti di Minnoseta, Amerika Serikat, mengemukakan telah terjadi epidemi sakit jantung di Amerika. Mereka menduga epidemi itu muncul karena peningkatan kolestrol darah akibat konsumsi minyak atau lemak nabati jenuh. Minyak nabati jenuh yang tidak sehat meliputi tropical fats – karena banyak dibuat di negara tropis –yaitu minyak sawit dan kelapa.

Tidak benar bahwa minyak kelapa penyebab kolestrol tinggi dan penyakit jantung. Justru dengan mengkonsumsi minyak kelapa, kadar kolestrol terjaga dan jantung menjadi sehat.

kembalilah ke minyak kelapa!” seruan ini acap dilontarkan oleh Dr Bruce Fife CN, ND, ahli naturopati asal AS yang lebih dikenal sebagai Dr. Coconut.

Belakangan, kehadiran Virgin coconut oil (VCO) mematahkan mitos itu. Asam laurat dan asam kapriat –berupa asam lemak jenuh berantai sedang –didalam VCO justru bermanfaat bagi tubuh.

Di mancanegara kini pemakaian VCO semakin meluas. Tak hanya untuk kesehatan, minyak perawan (VCO) itu banyak dipakai sebagai salah satu bahan pembuat produk makanan seperti es krim, permen, dan kue. Begitu pula untuk produk perawatan tubuh seperti masker, sabun, shampo hingga lipstik.